BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1
Metodologi Penelitian
Metodologi
merupakan kerangka dasar dari tahapan penyelesaian tugas akhir. Metodologi
penulisan pada tugas akhir ini mencakup semua kegiatan yang dilaksanakan untuk
memecahkan masalah atau melakukan proses analisa terhadap permasalahan.Penelitian
merupakan suatu proses yang saling terkait secara sistematis, oleh kerena itu
tiap-tiap tahap merupakan bagian yang menentukan tahap berikutnya sehingga
harus dilakukan secara cermat.Teori-teori yang sudah ada merupakan landasan
untuk melakukan penelitian yang baik dan benar, sedangkan hasil penelitian yang
sudah ada merupakan kajian untuk melangkah ketujuan berikutnya.
Dalam bagian ini dikemukakan
antara lain populasi, sampel dan cara pemilihannya, ukuran sampel, variabel dan
instrumen yang akan digunakan.Jika menggunakan data sekunder atau primer yang
dikumpulkan oleh peneliti lain atau lembaga tertentu, hal-hal tersebut juga
dikemukakan banyak sekali metode yang digunakan, berdasar pengalaman sering
digunakan metode analitis statistika, yang merupakan perhitungan-perhitungan
matematis untuk melihat kecenderungan suatu obyek penelitian.Ditinjau dari
variabel yang diteliti dapat juga digunakan metode analisis multivariat yang
menghubung-hubungkan proses antara berbagai variable.
Metodologi yang digunakan dalam
menyusun skripsi ini ialah melalui pengumpulan data yang bersumber dari :
a.
Studi Literatur
Referensi dari buku-buku yang
landasan teorinya berhubungan dengan Sistem propulsi pada kapal.
b.
Studi Lapangan
Studi lapangan dilakukan
secara langsung dan wawancara. Wawancara
atau tanya jawab serta konsultasi kepada orang-orang yang berkompetensi atau
yang memahami objek yang diteliti. Sudi lapangan (pengamatan) atau observasi
yang dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan dengan cara melakukan
pengamatan langsung terhadap obyek yang sedang diteliti.
c.
Analisa Perhitungan
Perhitungan
dilakukan dalam rangka pengolahan data-data yang didapat dilapangan diantaranya
:
- Perhitungan-perhitungan
tahanan kapal.
- Perhitungan getaran yang
ditimbulkan propulsion sistem.
3.2 Rancangan
Penelitian
Untuk mengetahui sistem propulsi
pada kapal, penulis mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam pembahasan
analisa tingkat getaran (vibration) sistem
propulsi kapal freezer trawler. Untuk
mencapai tujuan dari penelitian ini data yang diperoleh merupakan
keterangan-keterangan mengenai kapal. Jenis kapal yang akan dibahas adalah
jenis kapal freezer trawler.
Spesifikasi
kapal yang digunakan saat ini adalah sebagai berikut :
Nama Kapal : FREEZER TRAWLER (T 214)
· Tipe Kapal : FREEZER TRAWLER
· LOA : 114.95 m
· LWL : 105.00 m
· Breadth (Bmld) : 20.00 m
· Height (Hmld) : 12.85 m
· Draft(Summer) : 7.60 m
Keterangan:
Loa : Length over all
Adalah panjang kapal keseluruhan yang diukur dari ujung buritan sampai
ujung haluan.
Lwl : Panjang garis air (Length of water line)
Adalah jarak mendatar antara ujung garis muat (
garis air ), yang diukur dari titik potong
dengan linggi buritan sampai titik potongnya dengan linggi haluan dan
diukur pada bagian luar linggi buritan dan linggi haluan.
B (Bmld) : Breadth ( lebar yang direncanakan ).
Adalah jarak mendatar dari gading tengah yang
diukur pada bagian luar gading. ( tidak
termasuk tebal pelat lambung ).
T : Draft ( sarat yang direncanakan ).
Adalah jarak
tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.
Hmld ( D
) : Depth ( tinggi terendah dari geladak ).
Adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis
geladak yang terendah, umumnya diukur di tengah – tengah panjang kapal.
v
Performance
Main Engine type......................................................:
16V32/40
Engine power ..........................................................:
8000 kW
Engine Speed............................................................:
750 rpm
Propeller shaft speed.................................................;
150 rpm
Ship speed approx.....................................................;
17.6 knots
v Technical data propeller
Maker........................................................................
; MAN
Propeller
hub size.......................................................; VBS 1280-00F
Propeller
hub Material................................................; Ni Al Br
Propeller
blade Diameter............................................; 4200 mm
Number
of propeller blades........................................; 4
Propeller
blade material..............................................; Ni Al Br
Propeller
blade tolerances,according to ISO 484.......; Class 1
v Coupling
Flange tipe shaft
coupling.................................................; 340 UHF
v High speed shaft (AFT
gear)
Propeller
shaft, nos./dia./ total length..............; 1pcs./410mm/12.957mm
v Gear box
Maker..................................................................
; REINTJES
Reduction
gear box type......................................; SVAL 1120 A-88 K61
Gear
offset...........................................................; Horizontal
Main
reduction ratio............................................; 5,304 :1
Input
(engine) speed............................................; 750 Rpm
Output
(shaft) speed............................................; 150 Rpm
v Approximate weights
Main Engine....................................................................;
95.0 ton
Gear
box...........................................................................;
32.5 ton
Propeller
hub w / shafting, stern tube..............................; 21.0 ton
v Classification
requirements
Class
society........................................................................;
DNV
No comments:
Post a Comment