Wednesday, January 15, 2014

CONTOH SKRIPSI BAB III TEKNIK MESIN BATAM

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN





3.1 Metodologi Penelitian
Metodologi merupakan kerangka dasar dari tahapan penyelesaian tugas akhir. Metodologi penulisan pada tugas akhir ini mencakup semua kegiatan yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah atau melakukan proses analisa terhadap permasalahan.Penelitian merupakan suatu proses yang saling terkait secara sistematis, oleh kerena itu tiap-tiap tahap merupakan bagian yang menentukan tahap berikutnya sehingga harus dilakukan secara cermat.Teori-teori yang sudah ada merupakan landasan untuk melakukan penelitian yang baik dan benar, sedangkan hasil penelitian yang sudah ada merupakan kajian untuk melangkah ketujuan berikutnya.
Dalam bagian ini dikemukakan antara lain populasi, sampel dan cara pemilihannya, ukuran sampel, variabel dan instrumen yang akan digunakan.Jika menggunakan data sekunder atau primer yang dikumpulkan oleh peneliti lain atau lembaga tertentu, hal-hal tersebut juga dikemukakan banyak sekali metode yang digunakan, berdasar pengalaman sering digunakan metode analitis statistika, yang merupakan perhitungan-perhitungan matematis untuk melihat kecenderungan suatu obyek penelitian.Ditinjau dari variabel yang diteliti dapat juga digunakan metode analisis multivariat yang menghubung-hubungkan proses antara berbagai variable.



Metodologi yang digunakan dalam menyusun skripsi ini ialah melalui pengumpulan data yang bersumber dari :
a.          Studi Literatur
Referensi dari buku-buku yang landasan teorinya berhubungan dengan Sistem propulsi pada kapal.
b.         Studi Lapangan
Studi lapangan dilakukan secara langsung dan wawancara. Wawancara atau tanya jawab serta konsultasi kepada orang-orang yang berkompetensi atau yang memahami objek yang diteliti. Sudi lapangan (pengamatan) atau observasi yang dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap obyek yang sedang diteliti.
c.         Analisa Perhitungan
Perhitungan dilakukan dalam rangka pengolahan data-data yang didapat dilapangan diantaranya :
  1. Perhitungan-perhitungan tahanan kapal.
  2. Perhitungan getaran yang ditimbulkan propulsion sistem.
3.2 Rancangan Penelitian
Untuk mengetahui sistem propulsi pada kapal, penulis mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam pembahasan analisa tingkat getaran (vibration) sistem propulsi kapal freezer trawler. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini data yang diperoleh merupakan keterangan-keterangan mengenai kapal. Jenis kapal yang akan dibahas adalah jenis kapal freezer trawler.
Spesifikasi kapal yang digunakan saat ini adalah sebagai berikut :
Nama Kapal : FREEZER TRAWLER (T 214)
· Tipe Kapal : FREEZER TRAWLER
· LOA : 114.95 m
· LWL : 105.00 m
· Breadth (Bmld) : 20.00 m
· Height (Hmld) : 12.85 m
· Draft(Summer) : 7.60 m
Keterangan:
Loa : Length over all
        Adalah panjang kapal keseluruhan yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan.
Lwl : Panjang garis air (Length of water line)
Adalah jarak mendatar antara ujung garis muat ( garis air ), yang diukur dari titik potong  dengan linggi buritan sampai titik potongnya dengan linggi haluan dan diukur pada bagian luar linggi buritan dan linggi haluan.
B (Bmld) : Breadth ( lebar yang direncanakan ).
Adalah jarak mendatar dari gading tengah yang diukur pada bagian luar gading. ( tidak    termasuk tebal pelat lambung ).
T : Draft ( sarat yang direncanakan ).
Adalah jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.
    Hmld ( D ) : Depth ( tinggi terendah dari geladak ).
Adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak yang terendah, umumnya diukur di tengah – tengah panjang kapal.

v  Performance
Main Engine type......................................................: 16V32/40
Engine power  ..........................................................: 8000 kW
Engine Speed............................................................: 750 rpm
Propeller shaft speed.................................................; 150 rpm
Ship speed approx.....................................................; 17.6 knots

v  Technical data propeller
Maker........................................................................ ; MAN
Propeller hub size.......................................................; VBS 1280-00F
Propeller hub Material................................................; Ni Al Br
Propeller blade Diameter............................................; 4200 mm
Number of propeller blades........................................; 4
Propeller blade material..............................................; Ni Al Br
Propeller blade tolerances,according to ISO 484.......; Class 1



v  Coupling
Flange tipe shaft coupling.................................................; 340 UHF

v High speed shaft (AFT gear)
Propeller shaft, nos./dia./ total length..............; 1pcs./410mm/12.957mm

v Gear box
Maker.................................................................. ; REINTJES
Reduction gear box type......................................; SVAL 1120 A-88 K61
Gear offset...........................................................; Horizontal
Main reduction ratio............................................; 5,304 :1
Input (engine) speed............................................; 750 Rpm
Output (shaft) speed............................................; 150 Rpm

v  Approximate weights
 Main Engine....................................................................; 95.0 ton
Gear box...........................................................................; 32.5 ton
Propeller hub w / shafting, stern tube..............................; 21.0 ton

v  Classification requirements

Class society........................................................................; DNV

No comments:

Post a Comment