Wednesday, January 15, 2014

KEUTUNGAN (KEUNGGULAN) LAS OKSIASETILEN

BEBERAPA  KEUTUNGAN (KEUNGGULAN) LAS  OKSIASETILEN:
- peralatan nya relatif murah
- maintenance nya sederhana dan murah
- mudah di bawa-bawa untuk digunakan hampir disetiap tempat
- dengan  teknik yang tepat, dapat  digunakan  untuk  pemotongan dan pengelasan hampir
   semua jenis logam.

PENGELASAN   OKSIHIDROGEN                                                              
              Campuran Oksigen dengan Hidrogen (Oksihidrogen), mempunyai suhu operasi pengelasan sekitar 2000 °C (lebih kecil dari suhu operasi oksiasetilen). Karena itu nyala ini digunakan untuk pengelasan lembaran-lembaran tipis dan logam paduan dengan titik cair yang relatif rendah. Proses ini juga sangat cocok untuk pematrian.
             Walaupun peralatan nya sama persis dengan peralatan las oksiasetilen, tetapi pada pengelasan oksihidrogen agak lebih rumit. Sebab, walaupun perbandingan gas nya berbeda, tetapi warna nyala nya tetap, tidak ada perubahan warna.
Keunggulan utama dari pengelasan ini adalah: tidak ada terbentuk lapisan oksida, sebagai mana lazim nya pada pengelasan-pengelasan lain nya.

PENGELASAN  NYALA  UDARA-ASETILEN
             Nyala atau panas yang dibutuhkan pada proses ini di hasilkan dari pembakaran udara + asetilen, sehingga pembakaran nya mirip dengan pembakaran Bunsen.
Jumlah udara yang terhisap ke dalam nyala, sesuai dengan kebutuhan dari nyala itu sendiri. Suhu nyala pengelasan relatif rendah, sehingga pengelasan ini hanya baik digunakan untuk: patri timah atau patri ber suhu rendah.

PENGELASAN  GAS   BERTEKANAN                                                          
            Ujung batang logam induk yang akan di las, dipanaskan hingga mencapai suhu sekitar 1200 °C dengan menggunakan nyala oksiasetilen. Setelah mencair, pemanas dicabut, kemudian ke-2 (dua) ujung yang lain dari logam induk di ber gaya tekan.
Sumber nyala berbentuk bulat, di gerak-gerak kan (keatas – kebawah) untuk menghindarkan terjadi panas lokal yang berlebihan. Setelah kedua ujung benda mulai mencair, sumber nyala dilepaskan dan pada kedua ujung lain dari logam induk si aplikasi kan gaya tekan dengan besaran tertentu.
Contoh:
Untuk bahan Baja Karbon Rendah: - tekanan mula-mula = 10 MPa
                                                         - tekanan akhir          = 28 MPa
Keunggulan proses ini: tidak memerlukan logam tambahan pengisi (filler).


No comments:

Post a Comment