Thursday, January 16, 2014

LAPORAN PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) TEKNIK


BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Kerja Praktek (KP) merupakan salah satu kurikulum yang wajib harus ditempuh oleh mahasiswa program D-3 Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang. Selain untuk memenuhi kewajiban akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan tentang dunia industri sehingga mahasiswa mempunyai pandangan tentang arah dan tujuan perkembangan teknologi dan mampu memupuk kreativitas sehingga dapat memahami permasalahan yang terjadi didunia industri dan mampu menumbuhkan ide-ide baru yang nantinya berguna bagi kemajuan perkembangan IPTEK di Indonesia yang akan menunjang perkembangan dunia industri.

Mahasiswa sebagai insan akademis yang mempelajari ilmu-ilmu dasar dan perekayasaan sebatas pada teori saja sangat kurang memahami dan mengetahui secara mendalam aktualitas dilapangan. Sedangkan dalam dunia kerja memerlukan pengalaman dan pengetahuan yang menyeluruh dan kompleks.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan secara nyata akan dunia kerja, sesuai dengan bidang yang ditekuni, sehingga diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Hal ini dapat dicapai dengan dikenalkannya segala kelengkapan pada dunia kerja disertai dengan permasalahan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu kemampuan akademis yang dimiliki oleh penulis diharap mampu merespon secara akurat setiap objek permasalahan yang ada pada ruang lingkup pekerjaan yang dijalaninya dengan mendapatkan bimbingan dari pembimbing. Dengan adanya pemikiran tersebut maka, kami memilih PT. SERMANI STELL MAKASSAR untuk melaksanakan kerja Praktek, dikarenakan perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan produksi terkenal dimana pemeliharaan/perawatan alat- alat produksi sangat dibutuhkan demi kelancaran proses produksi.

1.2   Rumusan Masalah
               Sesuai dengan judul laporan, maka penulis dapat mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut:
·         Bagaimana Perawatan mesin mesin produksi pada PT. Sermani Steel Makassar.

1.3.   Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek

1.3.1 Tujuan Kerja Praktek

a. Tujuan Instruksional Umum
             Tujuan kami melaksanakan Kerja Praktek ini pada dasarnya adalah:
1.      Sebagai masukan bagi mahasiswa dalam mempelajari kaidah-kaidah yang berlaku menurut teori di bangku kuliah dan praktek di lapangan.

2.      Membentuk sikap professional sebagai calon sarjana untuk dapat menghadapi dunia kerja.

3.      Untuk memenuhi tuntutan kurikulum yang berlaku di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang.
b. Tujuan Instruksional Khusus
1.      Mahasiswa mengetahui proses pemeliharaan, perawatan dan pemeriksaan-pemeriksaan pada alat produksi

2.      Mahasiswa mampu menerapkan metode-metode penyelesaian masalah untuk memperoleh solusi secara optimal.

3.      Mahasiswa memperkenalkan diri kepada perusahaan-perusahaaan.
1.3.2 Manfaat Kerja Praktek
a.  Bagi Mahasiswa:
1.      Sebagai latihan bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja.
2.      Membentuk pribadi yang mandiri dan mampu mengaktualisasikan diri dalam sejumlah aktifitasnya dengan dunia kerja.
3.      Mengembangkan pola pikir yang progresif dan berkualitas dalam mengambil setiap keputusan yang menyangkut dalam menyelesaikan masalah.
4.      Membentuk diri sendiri untuk menjadi seorang pemimpin yang bijak dalam menanggapi suatu permasalahan serta mampu mencari cara terbaik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
5.      Membina keahlian tidak di salah satu bidang kerja tetapi lebih fleksibel terhadap sejumlah keahlian yang menuntut kita untuk dapat belajar dan mampu mengaplikasikannya.
b.  Bagi Perusahaan:
1.      Memperoleh sejumlah pengalaman dalam menggali potensi di bidang perindustrian sehingga terjamin kelanjutan upaya pembangunan dan pengembangan perindustrian.
2.      Dapat memanfaatkan bantuan tenaga mahasiswa selama pelaksanaan Kerja Praktek.
3.      Memperkenalkan perusahaan pada masyarakat umum melalui kerjasama antara pihak perusahaan dengan perguruan-perguruan tinggi.
4.      Memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang potensial untuk perusahaan.
5.      Merupakan perwujudan nyata peran perusahaan dalam mengembangkan bidang pendidikan
1.4. Tempat dan Waktu
1.4.1. Tempat
Adapun tempat pelaksanaan praktek lapangan yaitu di PT. SERMANI STEEL MAKASSAR, pada Service Departement
1.4.2. Waktu
Adapun waktu kerja praktek yaitu dari tanggal 2 April 2012 sampai dengan 2 Mei 2012
1.5.   Metode Penulisan
Adapun metodologi yang digunakan penulis dalam mencari dan memperoleh data yang diperlukan dalam menyusun laporan ini adalah :
1.      Observasi
Yaitu dengan metode penulis menyelami dan terlibat langsung dengan kegiatan di lingkungan kerja tersebut. Metode ini dilakukan dengan alasan dapat memahami langsung permasalahan yang nampak di lapangan sehingga memudahkan dalam penulisan laporan.
2.      Wawancara
Yaitu dengan metode bertanya. Wawancara dilakukan terhadap pimpinan dan karyawan yang ada di lingkungan kerja dimana penulis melakukan Kerja Praktek. Metode ini dilakukan dengan alasan karena tidak semua apa yang di lakukan dalam Kerja Praktek dapat dikuasai oleh penulis. Maka sebagai tambahan informasi di dalam melakukan Kerja Praktek tersebut penulis perlu bertanya dan mendapatkan penjelasan dari pihak-pihak yang mengetahui permasalahan tersebut. Penulis dapat mengajukan pertanyaan secara terperinci serta meminta penjelasan mengenai apa saja yang berhubungan dengan bahan untuk menyusun laporan ini.
3.      Studi kepustakaan
Yaitu metode yang digunakan dengan cara mencari dan membaca literatur yang ada kaitannya dengan pokok bahasan. Metode ini dilakukan dengan alasan untuk memperjelas metode pertama dan kedua.
1.6    Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan penulisan laporan Kerja Praktek, penulis menyusun sistematika penulisan sebagai berikut:
Bab I.     Pendahulan,  membahas mengenai latar belakang masalah, tujuan dan manfaat KERJA PRAKTEK, rumusan masalah, metode penulisan laporan dan sistematika penulisan.
 Bab II.    





3 comments: